MitrasDUDI Kemendikbudristek Lakukan Survey SROI di STEMSA

0

Survey Social Return of Investment (SROI) adalah metode survey yang digunakan untuk mengukur dampak sosial dan kebermanfaatan suatu program. Melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usana dan Dunia Industri, Kemendikbudristek melakukan survey SROI untuk mengukur seberapa dampak sosial dan kebermanfaatan program SMK Pusat Keunggulan pola Pemadanan (SMK PK SPD) yang telah dilaksanakan tahun 2022. Survey dilakukan kepada sekolah sekolah sampling yang dipilih untuk mewakili masing-masing sektor/ bidang SMK PK SPD. Di Jawa tengah terdapat beberapa sekolah yang ditunjuk diantaranya SMK negeri 01 Semarang, SMK Negeri 8 Surakarta, SMK Negeri 1 Temanggung dan SMK Negeri 1 Cilacap.

Kegiatan pengambilan data survey SROI di SMK Negeri 01 Semarang (STEMSA) dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Agustus tahun 2023. Kegiatan didahului dengan koordinasi secara online pada tanggal 31 Juli 2023 melalui zoom meeting untuk menyamakan persepsi antar tim  survey dengan sekolah. SMK Negeri 01 Semarang dipilih sebagai sampling yang telah melaksanakan program SMK PK Pemadanan dengan PT United Tractors Tbk.  Nilai program pemadanan dari PT United Tractors Tbk sebesar Rp. 1,96 M.

Tim MitrasDUDI  berjumlah 3 orang terdiri dari pak Tunggul dari Universitas Negeri Jakarta sebagai ketua tim, didampingi mas Sakti dan mas Heri dari Mitras Dudi. Hari pertama pelaksanaan pengambilan data, tim mewawancarai Kepala sekolah Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par. Karena kepala sekolah baru maka beliau didampingi pelaksana program Bpk. Sunar dan bendahara kegiatan Ibu Hesti Lilia Paraswati. Setelah selesai dengan kepala sekolah, tim selanjutnya mewawancarai perwakilan guru produktit Alat Berat sesuai dengan program keahlian yang di PK-kan. Untuk guru diwakili Pak Subchan selaku Ketua program keahlian dan pak Dewa. Pada sesi siang tim mewawancarai orang tua siswa yang didatangkan sekolah sebanyak 5 orang tua. Orang tua siswa adalah bagian dari penerima manfaat program SMK PK pemadanan.

Pelaksanaan hari ke-2, tanggal 3 hari kamis tim melakukan wawancara dengan pihak industri, dinas pendidikan dan siswa. Untuk dinas pendidikan diwakili oleh Bapak Andang Fitriadi, SE, M.Si, Kasi SMK Cabdin wilayah I Disdikbud provinsi Jawa Tengah. Dari pihak industri sekolah menghadirkan PT United tractors Tbk cabang semarang yang diwakili oleh Mas Josua  dan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) yang diwakili oleh mas Ricahk Pranata yang datang langsung dari Kalimantan. Pada siang hari tim baru mewawancarai perwakilan siswa dan alumni sebanyak 10 siswa. Untuk alumni diambil juara LKS TAB Nasional tahun 2022 dan untuk siswa juga siswa peserta LKS Nasional TAB yang akan berlomba di Surabaya. Sisanya siswa lain sebagai perwakilan.

Di akhir kegiatan tim menyatakan terimakasih karena sekolah telah menyediakan responden sesuai dengan yang diminta mitrasDudi. Data hasil survey akan dianalisis dan nantinya akan dikonversi menjadi nilai kebermanfaatan sebuah investasi. Nantinya akan muncul nilai investasi Rp. 1,- menghasilkan berapa rupiah kebermanfatannya dari program SMK PK yang telah dilaksanakan.

(Sunar-Humas Stemsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *