Beralamat di Jl Dr. Cipto no 93 Semarang didirikan pada  tahun 1939, oleh pemerintah Hindia Belanda. Berdiri di atas tanah seluas 1,8 Ha. Hingga saat ini telah dipimpin oleh 14 Kepala Sekolah. Berdiri dengan nama Sekolah Teknik Semarang yang nama aslinya Technische School Semarang (TSS), dikepalai oleh seorang insinyur dari negeri Belanda  hingga tahun 1953. Kepala sekolah yang kedua pun masih seorang Belanda yakni Ir. Bhe Kee Hay tahun 1953 hingga tahun 1967. Terdapat keterkaitan dengan STM 3 (sekarang SMK N 3 Semarang), mengingat beberapa tahun setelah berdirinya SMK N 1 berdiri pula SMK N 3 pada lokasi yang sama, hingga terkenal dengan nama STM 1-3, yang akhirnya dipecah pada tahun 1983.

Perkembangan selanjutnya, Departemen Pendidikan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah No: 06/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018, ditetapkan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan. Dengan Keputusan ini berakibat terjadinya perubahan nama pada Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian, sebagai berikut:

  1. Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan
  2. Program Keahlian Teknik Mesin
  3. Program Keahlian Teknik Otomotif
  4. Program Keahlian Teknik Elektronika
  5. Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film

Berdasarkan Spektrum Keahlian baru tersebut, Program Keahlian diurai menjadi Kompetensi Keahlian. Dengan aturan ini pula SMK N 1 Semarang saat ini memiliki 9 Kompetensi Keahlian. Sejalan dengan penambahan Kompetensi Keahlian, jumlah siswanyapun hingga saat ini telah mencapai 1625 yang terdistribusi dalam 9 Kompetensi Keahlian yang masing masing adalah:

NoProgram KeahlianKompetensi KeahlianJumlah Kelas
1Teknik KetenagalistrikanTeknik Instalasi Tenaga Listrik7
  Teknik Otomasi Industri2
2Teknik MesinTeknik Pemesinan9
3Teknik OtomotifTeknik Kendaraan Ringan Otomotif11
  Teknik Alat Berat4
4Teknik ElektronikaTeknik Audio Video6
  Teknik Elektronika Industri3
5Seni Broadcasting dan FilmProduksi dan Siaran Program Radio3
  Produksi dan Siaran Program Televisi3
 Jumlah 48

SMK N 1 Semarang memiliki 111 tenaga guru, yang keseluruhan berkualifikasi sarjana,  25 orang guru diantaranya berkualifikasi magister (S2). Kondisi ini tentu merupakan keunggulan tersendiri ditinjau dari aspek potensi sumber daya manusia.