SMK NEGERI 1 SEMARANG SALAH SATU SMK PUSAT KEUNGGULAN MELAKUKAN KEGIATAN PENGIMBASAN SMK PK KE BEBERAPA SMK LAIN

0

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, industri, dan dunia kerja.

Pemerintah Indonesia melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17/M/2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, ingin menjadikan lulusan dari SMK siap dan mampu bersinergi dengan dunia kerja. Seperti yang telah kita ketahui bersama setiap tahun dunia industri mengalami banyak perubahan yang signifikan. Selaras dengan itu dunia Pendidikan pun mencoba untuk mengimbanginya, agar setiap lulusan SMK mampu terserap dengan baik oleh dunia industri atau menjadi wirausaha.
SMK Negeri 1 Semarang yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah, sudah menerapkan program SMK Pusat Keunggulan khususnya pada jurusan Elektronika, karena jurusan tersebut memiliki fasilitas yang cukup memadahi. Proses sosialisasipun sudah dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti workshop, seminar dan juga IHT (In House Training) yang di hadiri beberapa perwakilan dari SMK lain seperti SMK Jateng, SMK Penerbangan, SMK terang Bangsa, SMK Palapa, SMK Tri Mulya, SMK Setia Budi dan SMK lainnya pada hari rabu 22 Desember 2021.

Diantara narasumber yang hadir ialah pengawas SMK Provinsi Jateng Dra Zakiyatul Jamilah, M.Pd., beliau memaparkan tentang “Kurikulum Operasional pada Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan”. Adapun pejabat SMK Negeri 1 Semarang diantaranya Muntamah, S.Pd (Waka Kurikulum), Sunar, S.Pd (Waka Humas), Sugiyarti, S.Pd (Waka Kesiswaan) menyampaikan sesuai kapasitas beliau-beliau, yang pada intinya mendukung sepenuhnya program SMK PK untuk diterapkan di dunia Pendidikan.
Diharapkan progam ini dapat diterapkan dengan baik di SMK Negeri 1 semarang, disamping sangat berguna untuk siswa, program ini juga bermanfaat untuk memperkuat sumber daya manusia SMK, antara lain kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja. Adapun SMK Negeri 1 Semarang dengan segala fasilitas dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, mampu menjadi tempat pusat peningkatan kualitas Pendidikan dan rujukan bagi SMK lainnya.
(Isaroh, M.Pd.I, Tim humas Stemsa)

#smkn1semarang
#stemsa
#stemsabisa
#stemsahebat
#productionbylearning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *