You are currently viewing SMKN 01 Semarang Gandeng Inews TV Siapkan Magang Siswa Broadcasting

SMKN 01 Semarang Gandeng Inews TV Siapkan Magang Siswa Broadcasting

SMKN 1 Semarang gandeng Inews TV untuk siapkan magang siswa Kelas 11 Broadcasting. Sebanyak 35 siswa tampak antusias mengikuti workshop pemahaman dunia pertelevisian yang mendatangkan produser iNewsTV Semarang, Septy Wulandari.

“Ketika adik-adik melakukan kegiatan magang di iNews TV Semarang akan mendapatkan banyak sekali ilmu baru sekaligus melatih soft skill,” ungkap Septy saat workshop di SMKN 1 Semarang, Jl. Dokter Cipto N0. 93 Sarirejo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu 7 September.

“Adik-adik dapat melatih kemampuan dengan mencoba langsung alat-alat pada saat produksi hingga berlatih menjadi presenter,” lanjut alumnus Undip Semarang itu.

Septy membeber kondisi dan tantangan, peluang serta tren, hingga sistem produksi dalam maupun luar studio di industri pertelevisian. Dia juga menyampaikan, dunia pertelevisian termasuk industri yang bertumpu pada laba atau keuntungan. Sehingga divisi marketing menjadi ujung tombak untuk mendapatkan keuntungan dari iklan-iklan yang ditayangkan di stasiun televisi.

“Di era sekarang, di industri televisi soft skill dan skill itu memang penting, tetapi yang lebih penting itu adalah attitude, sopan santun seseorang, karena attitude yang akan membuat sesuatu hal yang dapat membekas untuk diri kita dan orang lain,” imbuhnya.

Hampir semua lini program di indrustri saat ini juga memanfaatkan mendia sosial termasuk iNews Semarang yang melakukan kolaborasi dengan platform RCTI+. Aplikasi RCTI+ ini menayangkan siaran televisi hari ini dan sebelumnya sehingga masyarakat tidak perlu kebingungan menyaksikan tayangan yang terlewatkan.

“Pada 2022 semua penyiaran televisi sudah harus beralih ke digital sehingga pada kondisi tersebut, maka harus ada pengadaptasian, salah satunya dari SDM (sumber daya manusia) maka diharapkan dari adik-adik SMKN 1 Semarang dan generasi muda lainnya dapat mengisi peluang-peluang yag ada di industri televisi,” harapnya.

Workshop digelar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan terkait dunia perteleviasian mulai dari struktur bagian beserta tugasnya hingga alat-alat yang digunakan dalam dunia pertelevisian. Selain itu worksop ini juga untuk kesiapan siswa kelas 11 SMKN 1 Semarang dalam melaksanakan kegiatan magang di industri pertelevisian.

Dikutip dari Joglosemar.inews.id

Leave a Reply