You are currently viewing STEMSA sinkronkan kurikulum bersama PT United Tractors Tbk.

STEMSA sinkronkan kurikulum bersama PT United Tractors Tbk.

SMK Negeri 01 Semarang terus berbenah menuju tercapainya production by learning. Sebagai wujud komitmen sekolah dalam menjalankan visi dan misinya maka sekolah menggandeng PT United Tractors Tbk untuk mensinkronkan kurikulum yang akan digunakan khususnya di program keahlian teknik otomotif konsentrasi keahlian teknik alat berat. Pada workshop sinkronisasi kurikulum yang dilaksanakan hari jum’at, 26 Agustus 2022 kemarin, hadir pada kesempatan itu  Kadinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Jawa Tengah Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd, M.Pd. didampingi Kacabdin Wilayah 1 Bpk. Sunarto serta dari CSR PT UT Bpk. Dimas Aryo Wicaksono.

Ibu Kadinas dalam paparannya menyampaikan pentingnya upskilling dan reskilling bagi guru guru SMK (Vokasi) untuk menjawab tantangan masa depan. Perubahan baik kurikulum, metode pembelajaran maupun kompetensi kealian harus bisa disikapi dengan baik oleh para guru vokasi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti program upskilling dan reskilling. Dalam kesempatan tersebut ibu kadinas juga menyumbangkan sebuah lagu untuk menyemangati para peserta workshop berduet dengan kepala sekolah Bpk.F Budi santoso.

PT United Tractors Tbk yang diwakili oleh mas Dimas aryo wicaksono dalam paparannya menyampaikan bahwa guru harus memahami indikator capaian pembelajaran yang ada dalam kurikulum untuk bisa menyusun strategi pembelajaran yang harus dilakukan. Guru juga harus bisa menganalisa capaian pembelajaran yang ada untuk menyusun tujuan pembelajaran maupun alur tujuan pembelajaran. Pada kesempatan itu juga ditekankan kompetensi yang harus dikuasai siswa.Hard skill penting tetapi lebih utama adalah soft skill. Dengan catatan walaupun soft skill yang utama tetapi hard skill tidak boleh dilupakan. Pada level SMK, hard skill yang ditekankan adalah dasar-dasar kompetensi keahlian. Pengetahuan akan komponen, fungsi dan posisi lebih ditekankan untuk mendukung softskillnya.

Kegiatan workshop sinkronisasi kurikulum diselenggarakan dalam rangka menjalankan visi dan misi sekolah sekaligus melaksanakan  program SMK PK pemadanan dengan PT United tractors Tbk yang diikuti oleh guru-guru produktif dan normatif adaptif yang mengajar di jurusan teknik otomotif dan alat berat serta beberapa Ketua jurusan lain yang ada di stemsa.SMK bisa, Vokasi kuat menguatkan indonesia.

 

Leave a Reply